Selfie Berbahayakah?

Selfi
Selfi
Self Image atau dalam istilah gaul-nya terkenal dengan sebutan SELFIE merupakan fenomena terbaru yang terjadi seiring dengan merebaknya smartphone yang didukung dengan kamera beresolusi tinggi.

Seiring dengan berjalannya waktu, smartphone semakin merajalelan dan aplikasi pendukungnya pun semakin banyak dan tangguh atau power full. Apalagi dengan setatusnya Open Source pada softwarenya membuat pengguna smartphone semakin meledak.

Kembali ke topik, Selfie Berbahayakah?

Selfie merupakan kebiasan seseorang mengambil gambar dirinya sendiri kemudian di publikasikan di dalam media sosial. Tujuan utama SELFIE adalh berbagi momen namun juga terkadang bagi beberapa orang Selfie bertujuan untuk mempublikasikan diri sendiri untuk terkenal.

Namun, dalam beberapa kasus orang melakukan selfi karena terlalu narsis (gangguan jiwa). Biasanya orang yang memiliki gangguan jiwa ini akan melakukan SELFIE dengan tujuan supaya mendapatkan banyak pujian dari orang lain akan apa yang dia lakukan atau pun memperlihatkan keindahan tubuhnya sehingga dirinya itu percaya bahwa orang lain itu iri, suka padanya, dan banyak menimbulkan pemikiran pemikiran yang membuatnya sombong. Akan tetapi saat pernyataan itu tudak kunjung didapatkan maka yang ada depresi.

Hal buruk lain dari selfi adalah sebagai berikut :
  1. Gerak gerik kita di ketahui orang lain dan bisa menjadi sasaran utama kejahatan
    Gambar yang sering di upload ke dalam media sossial ini akan membuat seseorang tahu posisi kita dan kebiasaan kita setiap harinya.
    Tentunya tidak tahu profil teman yang ada di media sosial dan tidak tahu latar belakang kehidupan sesungguhnya. Tentunya ini bisa menjadikan cara bagi pelaku kejahatan untuk menentukan target korban yang mudah.
    terlebih lagi untuk kejahatan sexsual dan perampokan yang mengintai korban - korbannya melalui media sosial.
  2. Bisa menjadi korban manipulasi gambarTerlalu banyak meng upload gambar di media sosial terkadang membuat orang yang jahil memanipulasi photo untuk bahan lelucon hinggan pencemaran nama baik.
    Seperti beberapa kasus saat pemilu kemarin.
  3. Membuang WaktuTentunya kebiasaan sefie ini akan membuag waktu, karena orang yang suka menggambil gambar dirinya sendiri akan mencari tempat dan mencari posisi yang pas untuk di lihat di gambar. Hal ini akan membuang waktu produktif anda.
  4. Mengurangi Kepercayaan diriOrang yang sering selfie selalu menganggap sebelum di foto dan mendapatkan gambar yang bagus, dirinya akan tidak Percaya Diri untuk ada di muka umum.
Sedikit artikel kali ini dari saya semoga bermanfaat.

Komentar