Cara Memancing Ikan di Sungai

Memancing di Sungai
Memancing di Sungai
Bila ditanya hobi yang memerlukan kesabaran, maka jawabannya adalah hobi memancing. Benar saja, memancing membutuhkan kesabaran yang tinggi dan tentunya trik dalam memancing. 

Memancing di sungai, menjadi salah satu hobi musiman di daerah Pemalang Selatan pada saat bulan Ramadhan. Tidak hanya dari orang tua, anak - anak , dan remaja akan pergi ke sungai - sungai atau emapang untuk memancing ikan.

Memang ikang yang ada di sungai tidaklah sebesar ikan yang ada di laut, namun kepuasan dan untuk menghabiskan waktu menjadi alsan utamanya.

Namun, untuk menjadi pemancing yang handal ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.
  1. Memilih Spot
    Memilih spot bukan lah hal yang dianggap remeh. Jika salah memilih spot maka waktu anda akan terbuang sia - sia dan tiada hasil yang akan diperoleh.
    Adapun cara memilih spot yang baik adalah dengan memperhatikan arus dan kejernihan air.
    Jika anda ingin mendapatkan tawes putih itu sangatlah mudah, anda mencari aliran arus yang lumayan deras tetapi tidaklah terlalu deras. Maka akan anda temui gerombolon ikan tawes putih. Perlu diperhatikan pula mereka bersarang pada tanaman - tanaman yang batangnya masuk ke dalam air.
    Untuk ikan nila, berbeda dengan ikan tawes. Ikan nila lebih cenderung memilih perairan yang tenang dan berada di pinggiran sungai yang banyak tumbuhan air atau tumbuhan darat yang masuk ke air.
    Hal sama akan anda temui ketika anda berkeinginan untuk memancing ikan lele. Ikan lele lebih suka pada air yang tenang dan berlumpur dan berbeda dengan ikan sogo yang lebih suka di tengah sungai yang beraliran desar. Sementara ikan patin cenerung memilih sungai yang dalam dan berlumpur.
  2. Pilih Senar Pancing yang Sesuai
    Banyak pemancing yang melupakan ini, hasilnya mereka gagal karena senar pancing putus atau tidak mendapatkan ikan karena senar pancingnya terlalu tebal.
        Ikan tawes di sungai beragam ukurannya. Untuk sungai-sungai kecil, ikan tawes terbesar umumnya hanya setelapak tangan (5 jari), dan lebih banyak ikan tawes kecil-kecil. Ikan tawes terbesar ini bobot kisarannya hanya 2-3 ons saja. Oleh karena itu, jika agan hendak memancing ikan tawes di sungai kecil, sebaiknya menggunakan joran tegek (pole) yang lentur sehingga enak buat strike ikan tawes kecil-kecil.

        Joran antena kaku tidak tepat digunakan, sebab akan menghasilkan hentakan kuat sehingga mulut ikan mudah robek dan ikan mudah lepas, disamping itu sensasi strike nya kurang terasa. Tips memancing ikan tawes di sungai kecil dari kami adalah menggunakan joran tegek yang panjangnya kira-kira 270 cm - 360 cm, dan memancing dengan menggunakan pelampung kayu / pelampung kayu bawang berukuran panjang sekitar 3-5 cm saja. Pelampung kecil ini lebih peka terhadap ikan-ikan kecil. Untuk tegek, kami anjurkan menggunakan tegek fiber saja yang murah tapi berkualitas, seperti joran pancing produk Centro Gemini, joran pancing Tornado Virgo ros pendek / panjang, joran pancing Daihan Tom Cat, serta joran pancing  Orca TJL ros pendek. (pusat joran berkualitas tapi sangat murah bisa klik di sini, gan). Senar pancing yang paling enak, sangat tipis dibanding senar pancing lain yang seukuran, tapi sangat sangat kuat dan powerfull dengan harga yang sangat amat murah karena diimport langsung tanpa melalui banyak rantai perdagangan (tengkulak) adalah Orca Hoshino 50 m dengan ukuran 0,10 mm - 0,16 mm (Orca Hoshino  0,16 mm saja sudah mampu menarik gerombolan enceng gondok di rawa/ waduk, gan, jadi untuk mancing tawes di sungai kecil cukup Orca Hoshino 0,16 mm / bahkan 0,12 mm).

        Mengapa senar pancing Orca Hoshino? Senar pancing Orca Hoshino 50 m  ini sangat lembut, setingkat senar pancing terbaik Ogawa Qianliu. Senar pancing Orca Hoshino ukuran 0.16 mm tebalnya sama dengan senar pancing lain ukuran 0,12, dengan tenaga setingkat 0,18 senar pancing umum :). Alasan lain adalah tidak teralu panjang, hanya 50 m per gulung, cocok untuk memancing dengan joran tegek. Alasan paling top adalah harganya sangat amat murah dengan kualitas senar setingkat senar pancing harga 250.000 per gulung (buktikan aja gan, ini bukan omdo / omong ksosong). Senar pancing Orca Hoshino ini sangat lembut dan lentur, tidak kaku, cocok buat pemancing handal. 

        Jika di sungai hanya terdapat ikan tawes kecil kecil sebesar 3 jari, maka cukup dengan Orca Hoshino 0,10 mm, sedangkan bila terdapat 5-7 jari maka baiknya digunakan Orca Hoshino 0,16 mm. Apabila agan menghendaki senar pancing yang lebih tips tapi sedikit lebih mahal, bisa digunakan senar pancing  Ogawa Qianliu (yang juga super tipis lentur, dikenal sebagai senar pancing terbaik saat ini) / Subaru Stringed / River Line (super kuat tapi ukurannya standar, sama tebal dengan senar pancing lain yang seukuran). Mengapa dipilih senar pancing yang tipis dan lentur?  sebab ikan tawes makan dengan cara disedot (bukan disambar), sehingga jika senar pancingnya kaku, maka sulit buat tersedot dengan cepat sehingga ikan sulit terkena kail.  Senar-senar pancing berkualitas tinggi tapi sangat murah ini bisa dapat di sini gan (klik saja). Alternatif senar pancing super kuat tapi sangat amat murah adalah Orca Eagle, tapi senar pancing Orca Eagle ini ukurannya standar sama tebal dengan senar pancing lain yang seukuran.

        Untuk memancing ikan tawes yang ukurannya cenderung besar-besar di sungai besar, kadang digunakan teknik pancing lempar, yaitu memancing dengan joran antena dengan menggunakan bel jepit (tanpa pelampung). Bel jepit sebagai indikator tanda didapatnya ikan dijepitkan di ujung joran (sekitar 5 cm dari ujung tanduk joran), dan pemancing menggunakan timah besar agar kail bisa dilemparkan jauh-jauh. Teknik mancing lempar ini menggunakan reel / spin yang berukuran minimal 3000 dengan 3 balls bearing.

        Kail enaknya menggunakan banyak kail yang dirangkai (ombyok) yang diberikan pelingdung dari plastik / batok kelapa. Fungsi pelingdung ini adalah agar umpan tidak mudah terhanyut oleh arus air sungai, sehingga umpan lebih awet (untuk joran pancing antena berkualitas super dengan harga murah serta aneka pancing ombyok batok dapat diperoleh di Toko Pancing ini gan (klik saja)).

        Memancing ikan tawes dengan teknik lempar ini menggunakan timah B, C, / D sehingga bisa menghasilkan lemparan yang jauh. Omyok batok akan tergeletak di dasar sungai, / sedikit melayang di atas dasar sungai jika timah lempar di set pada posisi dasar dan kail omyok dipasang diatasnya (teknik ini mengurangi resiko tersangkutnya kail ombyok pada sampah dasar sungai).

        Senar pancing yang yahud paling sesui untuk memancing ikan tawes di dungai besar dengan teknik lempar ini adalah senar pancing Orca Mononylon 100 m,  senar pancing Orca Phantom 100 m yang super-super kuat tapi harganya sangat amat murah. 

     Bila agan menghendaki senar pancing yang agak mahal untuk teknik mancing lemparan di sungai ini, bisa gunakan senar pancing Subaru Stringed dan Subaru Riverline, / V-Tro Advantage / jika menghendaki senar pancing bergulungan panjang (sampai 220 m segulung) agan bisa pilih Redwolf Torsion. Oleh karena memancing di sungai banyak resiko tersangkut sampah dan terputusnya senar pancing, maka sebaiknya jangan gunakan senar pancing yang terlalu mahal. Senar Pancing ini sebaiknya berukuran 0,28 - 0,30 saja.

        Ukuran senar pancing yang cenderung besar ini dipilih dengan alasan untuk melawan sampah jika suatu saat pancing agan tersangkut sampah yang terhanyut aliran sungai.

        Tips Memeilih Senar Pancing dan Teknik Mancing  untuk Ikan Nila di Sungai

        Info yang dapat kami berikan terkait dengan tips memilih senar pancing dan info teknik mancing ikan nilai di sungai tidak jauh beda dengan ikan tawes di sungai. Ikan nila di sungai memiliki ukuran kisaran 3 jari sampai 8 jari tangan dengan bobot kisaran 1 - 5 ons. Memancing ikan nila di sungai agar enak merasakan sensasi strike adalah dengan joran pole / tegek dengan panjang kisaran 270 cm - 360 cm. Joran tegek bisa dipilih yang fiber murah saja (tapi berkualitas bagus) seperti joran pancing Centro Gemini ros panjang, joran pancing Tornado Virgo ros pendek / panjang, / joran pancing Orca TJL. Apabila agan menghendaki joran Carbon, maka bisa dipilih yang merek-merek Blood, Sabpolo, dan lainnya.

        Senar pancing yang tipis tapi super kuat, lentur dan murah tetap menjadi pilihan utama, yaitu senar pancing Orca Hoshino 50 m (murah) dan  senar pancing Ogawa Qianliu 100m (sedikit lebih mahal) dengan ukuran 0,14-0,16 mm. Dua senar pancing tersebut sangat tipis, lembut, dan lentur dibanding dengan senar pancing umum yang seukuran, dengan kekuatan 1,25 x lebih kuat dari senar pancing umum yang mahal-mahal. Senar pancing tipis dan lentur tetap menjadi pilihan terbaik sebab ikan nila menjadi lebih mudah menghisap makanan dan kail mudah masuk ke mulut ikan nila. Ini adalah info tips yang penting dalam memancing ikan nila di sungai. Alternatif senar pancing murah tapi sangat ulet / super kuat lain adalah senar pancing Orca Eagle 50 m / senar pancing Redwolf Torsion 0,17 mm (lentur, panjang, sedikit lebih mahal). (untuk mendapatkan senar-senar pancing kualitas super teruji di lapangan tapi sangat murah tersebut bisa klik disini gan).

        Tips Memeilih Senar Pancing dan Teknik Mancing  untuk Ikan Patin / Jambal di Sungai
        Info tips untuk memilih senar pancing dan teknik mancing ikan  patin / jambal di sungai ini kami uraikan berdasarkan pengalaman pribadi dan diskusi dengan para raja jambal. Ikan patin / jambal di sungai umumnya berukuran besar, kisaran satu lengan tangan (sekitar 1 Kg) sampai dengan sebesar bayi 2 tahun (sekitar 11 - 20 Kg). Sifat ikan Jambal / patin ini sangat penakut dan peka terhadap gerakan dan barang asing yang masuk ke sungai seperti senar pancing. Akan tetapi jika kita menggunakan senar pancing berukuran kecil, maka diyakini akan putus dengan besarnya dan kuatnya ikan patin. Oleh karena itu, untuk sukses memancing ikan patin / Jambal disungai, Tips terpenting adalah "Menggunakan Senar  pancing yang Fluorocarbon". Pilih saja senar pancing fluorocarbon yang murah tapi sangat sangat luar biasa kuat, yaitu V-TRO Advantage 100 m (murah)  / V-TRO Carp 150 m (sedikit lebih mahal). Mengapa dipilih senar pancing yang murah? Karena memancing Jambal di sungai sangat rawan dengan tersangkut sampah sehingga senar pancing sering harus diputus, jadi sayang jika menggunakan yang mahal. Senar pancing V-TRO Advantage dan V-TRO Carp specialis ini sangat sangat kuat dan samar di air, dengan harga termurah dibanding senar fluorocarbon lainnya. Disamping itu, senar pancing V-TRO Carp specialis ini paling lentur diantara semua senar pancing Fluorocarbon yang ada saat ini. Pilih senar pancing V-TRO yang berukuran minimal 0,40 mm dengan estimasi untuk 15 Kg ikan Jambal / patin. Apabila terpaksa mendapatkan produk lain, bisa digunakan produk BESD Celtic 0,50 - 0,60 mm.

        Joran yang paling cocok untuk memancing Jambal ini adalah joran dari bahan solid (todak lobang di bagian tengah) agar tidak patah untuk menahan berat beban ikan yang besar dan strike yang super kuat dari ikan Jambal / Patin. Joran sambung dua yang baik dapat dipilih yang ada kawat di tengah stik joran tersebut seperti produk joran pancing  Maxcell / yang tidak ada kawat di bagian tengahnya tapi terbukti kuat seperti joran pancing produk Bettle Success (dapatkan joran-joran super kuat yang murah di sini gan).

        Sebaiknya agan pemancing menggunakan Reel penggulung senar yang kuat seperti produk Golden Fish. Mengapa Reel Golden Fish? Produk ini sudah tenar dan teruji kekuatannya sejak nenek moyang, dengan harga paling murah dibanding produk-produk lainnya, akan tetapi kekuatan reel Golden Fish ini tidak ada yang meragukan. Kuat, tak harus mahal.

        Teknik mancing bisa dilakukan dengan teknik lemparan yaitu menggunakan timah besar untuk ditenggelamkan di dasar sungai akan tetapi menggunakan kail tunggal berukuran besar. Bel jepit sangat penting digunakan untuk penanda suara jika ikan jambal / patin terkena pancing kita.

        Mengapa lebih dipilih menggunakan teknik umpan tenggelam di dasar sungai? Sebab berdasarkan pengamatan kami, ikan patin suka sekali bersembunyi di dasar air, dan jarang muncul ke permukaan, kecuali malam hari agak sering berkeliaran mencari mangsa.  

        Tips Memeilih Senar Pancing dan Teknik Mancing  untuk Ikan Kembo / Betutu / Bloso di Sungai

        Info tips trik memilih senar pancing dan teknik mancing ikan betutu / kembo yang dapat kami berikan cukup sederhana, gan. Ikan betutu / kembo ini suka bikin geronggongan / rumah di lumpur dasar sungai. Agan bisa  pakai teknik "ngentul' / disebut juga teknik 'dudul' yaitu tanpa menggunakan pelampung dan teknik mencing dilakukan dengan meletakkan kail berumpan di dasar sungai, sampai benar-benar menyentuh dasar sungai, biarkan senar pancing tetap tegang. Tunggu sampai 2 menit, jika tidak terasa ada hentakan di senar pancing maka angkat kembali joran pancing sekitar 30 cm, geser kira-kira 30 cm kemudian letakkan kembali kail berumpan di dasar sungai. Apabila tidak dimakan ikan kembo / bloso / betutu, maka angkat kembali sekitar 30 cm joran pancing agan, geser lagi sekitar 30 cm menyisir tepi sungai, dan letakkan kembali umpan di dasar sungai. Teknik ini dilakukan karena ikan bloso / kembo / betutu ini sangat malas bergerak, jadi ikan ini hanya menyambar umpan yang dekat dengannya saja. Pemancing harus mengalah berpindah-pindah mencari lokasi terbaik.

        Joran pancing yang enak dipakai adalah joran pole / tegek yang  bagus tapi murah seperti joran pole / tegek produk zerex, joran pole / tegek super Dayuan, bisa juga menggunakan joran antena yang murah tapi bagus seperti joran antena  produk Oregon Exclussive, joran solid yang kuat tapi lentur dan murah seperti joran pancing sambung dua produk piranha yang sangat cocok untuk memancing ikan bloso.  Dapatkan joran-joran pancing murah tapi super kualitas di sini gan, klik saja.

        Oleh karena memancing ikan bloso ini rawan dengan tersangkutnya kail di sampah, maka perlu digunakan senar pancing berukuran sedang yaitu 0,20 mm sampai 0,23 mm dengan senar pancing produk Orca Eagle (murah berkualitas) / senar pancing produk Duraflex Maestro (kuat lentur, agak mahal). 

        Tips Memeilih Senar Pancing dan Teknik Mancing  untuk Ikan Lele di Sungai

        Tips memancing ikan lele di sungai ini bisa menggunakan teknik bervariasi. Jika agan menghendaki mancing dengan cara lele diangkat dengan joran sampai di darat, maka agan sebaiknya menggunakan joran solid (tak berlobang di bagian tengah) yang tahan patah meskipun harganya murah seperti joran pancing produk piranha, Gravity, dan lainnya. Joran solid ini dipilih untuk mengantisipasi mengangkat ikan lele berukuran besar kisaran 3-5 Kg yang mungkin sekali ditemukan di sungai. Untuk memancing ikan lele dengan teknik ini, sebaiknya digunakan senar pancing Orca Eagle / senar pancing Orca Phantom / senar pancing Orca Mononylon / Orca Power-Up yang harganya murah tapi sangat kuat dan jaguan mengangkat lele sampai darat, yaitu yang berukuran 0,30 mm. Jika agan yakin ikan lele yang ada hanya kecil-kecil dengan bobot maximal 1 Kg, cukup gunakan senar pancing Orca Eagle / senar pancing Orca Mononylon / senar pancing Orca Power-Up berkuran 0,23 mm-0,25 mm. Apabila ketika menggunakan senar pancing kecil ini agan memperoleh ikan lele yang besar yaitu diatas 3 Kg, maka terpaksa agan pelan-pelan meminggirkan ikan lele kemudian ikan lele diambil dengan tangan / alat.

        Tips teknik mancing ikan lele di sungai adalah menggunakan umpan yang mendasar di sungai, sebab ikan lele gemar bersantai di dasar sungai. Agan bisa menggunakan teknik lempar, dimana agan tanpa menggunakan pelampung pancing, cukup menggunakan bell jepit untuk indikator dimakannya umpan oleh ikan lele di sungai. Rangkaian kail sebaiknya menggunakan kail tunggal (engkel) dimana timah pemberat diletakkan pada posisi jauh lebih rendah dari kail, sehingga kail sedikit melayang di dasar sungai agar tidak tersangkut sampah dasar sungai.

        Tips memancing ikan lele di sungai jika agan menghendaki cara menaikkan ikan dengan tangan / alat, maka cukup menggunakan joran antena yang bagus tapi murah seperti joran antena produk Bettle All Star, Joran Antena produk Victory /pun joran antena produk Oregon Exclussive. Senar pancing bisa digunakan senar pancing Orca Eagle, / senar pancing Orca Kingdom, / senar pancing Orca Mononylon, / senar pancing Orca Power Up, / senar pancing Duraflex Maestro (agak mahal), dengan ukuran 0,23 mm. Senar pancing ini sudah mampu strike pada ikan lele 5 Kg di sungai, dengan catatan spool pada reel jangan di set terlau kencang, jadi sedikit agak mengendor.
Semoga bermanfaat :)
Refrensi : http://infopancing-memancing.blogspot.com/2014/08/tips-trik-jitu-memancing-ikan-di-sungai.html

Komentar