Apakah SNMPTN itu?

PDSS
PDSS
SNMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang diselenggarakan semenjak 2013 sebagai pengganti SNMPTN Jalur Undangan, merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor dan portofolio akademik.

 Semua Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir pada tahun 2015 merupakan siswa yang boleh ikut SNMPTN 2015 dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Berasal dari SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar
  2. akan lulus dari satuan pendidikan yang diikutinya
  3. memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
  4. memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/MA, SMK/MAK Tiga Tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK/MAK Empat Tahun) yang telah diisikan pada PDSS
Nilai yang digunakan adalah nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK/MAK yang masa belajarnya 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK/MAK yang masa belajarnya 4 tahun.

SNMPTN merupakan satu - satunya seleksi yang tidak tertulis.

Biaya ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah. Info lengkap mengenai tata cara pendaftaran, jadwal, dan keterangan lainnya dapat diakses di laman resmi SNMPTN, yakni http://snmptn.ac.id.

Berapa jumlah prodi yang bisa dipilih?

  1. Setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, atau dari provinsi terdekat bila belum terdapat PTN pada provinsi asalnya. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
  2. Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal 2 (dua) program studi.
  3. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Siswa SMK/MAK hanya diijinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
  5. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2014 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran

Komentar