Sehat dengan Wortel

Wortel Segar
Wortel Segar
Wortel merupakan tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi/akarnya.
Pada Bunga, Daun dan Biji bisa digunakan untuk obat. Daun Wortel dapat digunakan untuk mengobati herpes, luka bakar, radang, erisipelas, tumor dll.

Secara Ilmiah Wortel merupakan bagian dari Kingdom  Plantae, Divisi Magnoliophyta, Kelas Magnoliopsida, Ordo Apiales, Famili Apiaceae, Genus Daucus, Spesies D. carota, dan untuk nama Binominal adalah Daucus carota.

Wortel merupakan buah yang banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan manusia. Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Sehingga mengkonsumsi wortel baik untuk penglihatan pada mata, terutama bisa meningkatkan pandangan jarak jauh. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium. Dengan demikian berbagai manfaat pun bisa di ambil dari umbi yang satu ini. 

Banyak orang yang tidak tahu akan manfaatnya sehingga tidak menyukai makan woretel. Padahal manfaat memakan wortel sangat bagus untuk kesehatan. Adapun beberapa manfaat wortel sebagai berikut :
  1. Bermanafaat untuk menjaga kesehatan mata
    Wortel kaya betakaroten, betakaroten dalam wortel akan di ubah oleh organ hati menjadi sumber vitamin A (zat gizi penting yang diperlukan oleh mata). Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, namun dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang kerap menimpa para lansia. Maka tak mengherankan, jika seseorang rutin mengkonsumsi wortel dalam menu hariannya, maka organ matapun akan terjaga kesehatannya sepanjang waktu.
  2. Menyehatkan Jantung
    Mempunyai Jantung yang sehat merupakan impian semua orang. Namun, sering di antara kita yang sering makan - makanan enak yang berkolestrol tinggi. Wortel yang mengandung Kandungan betakaroten, alfa karoten serta lutein menjadikan wortel sangat di butuhkan oleh organ jantung. Ini dikarenakan. berbagai kandungan zat tersebut akan membuat anda terhindari dari berbagai gangguan atau serangan jantung.
    Penelitian oleh Robertson dkk menunjukkan mereka yang makan 200 g wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, kolesterolnya turun sebanyak 11%. Begitu juga penelitian yang dilakukan di Harvard University, AS. Mereka yang makan wortel 5 x seminggu, menurunkan risiko stroke hingga 68%. Sedangkan dari penelitian di Universitas Brussels diketahui vitamin A yang terkandung di dalam wortel dapat mencegah cacat dan kematian akibat stroke. Diperkirakan penurunan kadar kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, jenis serat larut

  3. Meningkatkan Sistem Imun (Kekebalan Tubuh Manusia)
    Sistem imun dalam tubuh dapat diperkuat juga dengan konsumsi wortel secara rutin. Penelitian menunjukkan memakan wortel yang dicampur dengan ketumbar, dapat mencegah virus-virus berbahaya menyerang tubuh. Campurkanlah ketumbar dalam sup wortel untuk mengkonsumsinya dengan bersamaan. Selain itu wortel juga mengandung antioksidan, manfaat antioksidan dikenal sangat penting untuk menjaga dan membuang radikal bebas.

  4. Menguatkan Gigi
    Wortel sangat berperan penting dalam membantu menghilangkan plak dan sisa makanan yang dapat merusak gigi dan gusi anda. Ini dikarenakan, wortel memiliki kandungan mineral tertentu yang dapat mencegah kerusakan gigi dari waktu ke waktu.
  5. Membersihkan Tubuh dari Racun
    Sifat penyembuhan dalam jus wortel sangat membantu untuk membersihkan dan menyaring ginjal. Meskipun ahli mengatakan bahwa orang-orang dengan penyakit gagal ginjal tidak boleh minum jus, ternyata lain halnya dengan wortel, sayuran ini sangat ampuh untuk menjaga kesehatan ginjal.
  6. Mencegah Penuan Dini
    Manfaat wortel pada kulit terletak pada kandungan vitamin A dan kandungan zat-zat pendukung lainnya, yamg mampu menjaga kulit agar tetap cantik dan bersinar. Wortel menghilangkan noda hitam pada kulit, akibat pigmentasi. Penggunaanya bisa langsung dikonsumsi atau dibuat sebagai bahan masker. mengkonsumsi wortel secara rutin, akan sangat membantu untuk mencegah serangan berbagai macam penyakit kulit.

  7. Menjaga Kualitas dan Kuantitas AsiWortel dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ibu yang sedang menyusui.
  8. Menjaga KesuburanKesuburan merupakan salah satu idaman semua pasangat, konsumsi lah jus apel karena dapat meningkatkan kesuburan kandungan.
  9. Bagus untuk Janin dalam KandunganWortel juga bermanfaat untuk janin dalam kandungan karena memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, selain itu kandungan antioksidan baik untuk menjaganya agar tetap tumbuh sehat.
  10. Mencegah KankerPenelitian yang dilakukan Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York menunjukkan orang yang tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru. Karenanya, beliau menganjurkan agar para perokok mengonsumsi wortel dan bahan makanan lainnya yang tinggi karoten untuk mencegah kanker paru. Ternyata, selain kanker paru, betakaroten serta senyawa lainnya yang juga bersifat antioksidan pada wortel dapat mencegah kanker mulut, tenggorok, lambung, usus, saluran kemih, pankreas, dan payudara. Untuk mendapat manfaat wortel sebagai antikanker, wortel perlu dimasak agar senyawa karotennya lepas. Dengan dimasak, kadar karotennya naik 2 - 5 kali lipat.
  11. Mengatasi Sembelit
    Serat yang terkandung pada wortel menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar.
Untuk penyimpanan wortel pun sangat mudah, yakni jauhkan wortel dari sinar matahari atau dalam ruangan tertutup untuk menghindari oksidasi dengan udara.

Pengolahan Wortel
Makana :
  1. Acar Timun Wortel Fresh
  2. Sup Wortel
  3. Sup Buncis Wortel
Minuman :
  1. Jus Wortel
  2. Jus Wortel Mix Buah dan Sayur
  3. Jus Wortel Pepaya



Komentar